BIDANG AKUNTANSI BERDASARKAN TUJUAN



Spesialisasi Bidang Akuntansi

Perkembangan teknologi dan dunia usaha yang semakin pesat mendorong hadirnya bidang-bidang khusus (spesialisasi) dalam akuntansi. Akuntansi yang tadinya hanya bersifat keilmuan, namun sekarang sudah menjadi profesi yang mandiri. Bahkan ahli-ahli akuntansi juga dapat menduduki jabatan-jabatan penting dalam perusahaan dan pemerintahan.

1.             Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya yaitu melakukan pengolahan data keuangan menjadi laporan keuangan, sehingga menghasilkan suatu informasi kepada pihak-pihak di luar perusahaan.

2.             Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen (management accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya yaitu menyediakan suatu informasi bagi pihak manajemen perusahaan, untuk mendukung kegiatan sehari-hari dan sebagai pembuat perencanaan serta kebijakan di masa yang akan datang.

3.             Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan (auditing) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya yaitu berhubungan dengan suatu pemeriksaan yang secara independen terhadap catatan-catatan akuntansi pendukung laporan keuangan dalam sebuah perusahaan, selain itu memberikan pendapat mengenai kelayakan dan keandalan laporan keuangan tersebut.

4.             Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya (cost accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya yaitu menyiapkan data-data yang diperlukan untuk penetapan dan pengendalian biaya dalam suatu perusahaan.

5.             Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan (tax accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya yaitu menyiapkan laporan yang diperlukan untuk penetapan besaran jumlah pajak suatu perusahaan.

6.             Akuntansi Penganggaran

Akuntansi penganggaran (budgeting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya yaitu melakukan penyusunan rencana keuangan untuk periode tertentu di masa datang dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang telah ditetapkan.

7.             Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintahan (government accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintah.

8.             Akuntansi Syariah

Akuntansi syariah (sharia accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu untuk mengolah transaksi keuangan yang mana dilakukan berlandaskan hukum Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Sunnah.

9.             Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional (international accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu mencakup permasalahan yang terjadi dalam suatu transaksi perdagangan internasional atau lintas negara yang terjadi di perusahaan yang sudah multi nasional.

10.         Akuntansi Sosial

Akuntansi sosial (social accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu secara menyeluruh akan menyangkut pada dana-dana kesejahteraan suatu masyarakat.

11.         Akuntansi Perilaku

Akuntansi perilaku (behavior accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu berhubungan dengan perilaku akuntan dan pihak manajemen dalam mensikapi dari hasil laporan keuangan kepada suatu perusahaan yang sedang menanganinya. 

12.         Akuntansi Forensik

Akuntansi forensik (forensik accounting)adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu memiliki keahlian menuntut dalam bidang akuntansi, audit serta investigasi dari pengelolaan dana.

13.         Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi (information system accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu mempelajari desain prosedur-prosedur untuk pengumpulan, penciptaan dan pelaporan data akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

14.         Pengajaran Akuntansi

Pengajaran akuntansi (education accounting) adalah akuntansi yang tujuan utamanya yaitu melakukan pengajaran seputar akuntansi, selain itu juga terkadang melakukan pelaksanaan pekerjaan akuntan (pemeriksaan, riset, dan lain-lain).



Referensi Buku :
Toto Sucipto, dkk, 2004, Siklus Akuntansi, Penerbit Yudhistira, Jakarta
Soemarso, 2004, Akuntansi Suatu Pengantar, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Comments