PENGGUNA INFORMASI AKUNTANSI


Pihak Internal Perusahaan

a.      Manajer atau Pimpinan Perusahaan

    Seorang pemimpin perusahaan akan membutuhkan informasi akuntansi sebagai dasar untuk membuat suatu perencanaan, menentukan suatu kebijakan di masa yang akan datang, mengadakakan pengawasan terhadap segala kegiatan perusahaan, dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang telah dicapai.

b.      Karyawan/Pekerja

  Seorang karyawan/pekerja akan membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui keadaan perusahaan yang ditempatinya. Dengan adanya informasi akuntansi seorang karyawan dapat mengetahui prospek perusahaan untuk di masa akan datang, yang mana berkaitan langsung dengan kesejahteraan atau keberlangsungan hidup karyawan/pekerja tersebut.

 Pihak Eksternal Perusahaan

a.       Investor

   Seorang investor akan memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan, perkembangan perusahaan, serta untuk menilai keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan.

b.      Calon Investor

    Seorang calon investor akan memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui bagaimana kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba dan melihat prospek usaha perusahaan sebelum memutuskan untuk menanamkan modalnya.

c.       Kreditor/Calon Kreditor

   Seorang kreditor akan memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui bagaimana posisi dan prospek keuangan perusahaan, keadaaan likuiditas, dan solvabilitas perusahaan sehingga risiko kredit macet yang kemungkinan akan terjadi dapat dikurangi.

d.      Pemerintah

  Pemerintah akan memerlukan informasi akuntansi sebagai data dalam melakukan perhitungan berapa besarnya pajak yang harus dibayar oleh suatu perusahaan, selain itu juga sebagai pengawasan pajak.

 

Referensi Buku :
Toto Sucipto, dkk, 2004, Siklus Akuntansi, Penerbit Yudhistira, Jakarta
Soemarso, 2004, Akuntansi Suatu Pengantar, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Comments