TIPS MENGHADAPI UJIAN BAGI PELAJAR/MAHASISWA

 Assalamu’alaikum dan selamat pagi buat para pembaca.
Alhamdulillah hari ini kita ketemu lagi deh, oya seperti janjia saya sebelumnya. Kalau hari ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang “ujian” tetapi yang akan dibahas kali ini adalah apa sih penyebab yang timbul sehingga kita itu tidak suka dengan kata ujian, dan di pos ini saya juga akan memberikan beberap tips untuk menghadapi/mengatasi jikalau ujia akan tiba buat para pelajar/mahasiswa. 
Yuk mari kita bahasa satu per satu…..

Masalah yang dihadapi saat ujian akan tiba
1.    Susah untuk fokus
Biasanya salah satu masalah yang dihadapi saat menghadapi ujian yang akan tiba adalah susah untuk fokus. Kenapa ya….? Biasanya setiap kali para pelajar/mahasiswa ingin belajar pasti akan banyak godaan-godaan yang timbul untuk menghalangi fokus dalam belajar. Seperti contohnya baru saja buka buku untuk belajar, eh… tiba-tiba terbayang soal ajakan teman-teman buat ngumpul nanti sorenya. Atau seperti baru saja buka komputer untuk mencari bahan pelajaran, eh… nggak taunya malah tertarik buat buka-buka media sosial, alhasil bukannya belajar malah jadi alih aktivitas untuk chat di medsos (bener…. Nggak….?)
2.    Timbulnya rasa malas
Masalah berikutnya dan ini sangat sering terjadi pada setiap individu jikalau ujian akan tiba, yah… timbulnya rasa malas. Kalau sudah dengar kata ujian esok hari, maka seluruh organ-organ tubuh serasa tak bertenaga. Kok bisa….? Ya bisa saja, karena ada beberapa individu yang tidak menyukainya. Jangankan untuk belajar, beranjak dari tempat tidur saja pasti tuh badan nggak mau. Bawaannya pengen tidur saja, kalau melihat kumpulan-kumpulan materi yang diberikan oleh para guru/dosen pasti bikin kepalanya tambah pusing tujuh keliling (hehe…., untung aja masih tujuh. Bagaimana kalau sepuluh atau seratus keliling ya….?

3.    Tidak memahami materi  
Alasan lainnya masalah yang timbul saat menghadapi ujian adalah tidak memahami materi ujian yang akan diikuti. Bagaimana tidak memahami, kalau pada saat di dalam ruang kelas si pelajar/mahasiswa bukannya memperhatikan penjelasan dari para guru/dosen melainkan sibuk dengan aktivitas lain di bangkunya sendiri (ada yang ngobrol dengan teman sebelah, ada yang sibuk buka-buka handphone, ada yang tidur, dll). Coba saja, setiap para guru/dosen sedang menjelaskan di depan kelas kita itu memperhatikannya dengan seksama, kemudian selalu bertanya jikalau belum paham, pasti deh nggak ada alasan lagi buat malas belajar karena tidak memahami materi pelajarannya.

4.    Tidak memiliki bahan materi
Hal seperti ini juga salah satu menjadi penyebab timbulnya masalah kenapa tidak suka mendengar kata ‘ujian’, karena ada beberapa individu pelajar/mahasiswa itu tidak memiliki bahan materi pelajaran yang telah disampaikan oleh para guru/dosen setiap kali pertemuan di kelas. Dengan kata lain, hal ini terjadi karena si pelajar/mahasiswa saat berada dikelas bukannya mencatat poin-point materi yang disampaikan oleh para guru/dosen, melainkan malah sibuk dengan aktivitas-aktivitas tidak pentingnya didalam kelas. Bagaimana mungkin dia bisa belajar, kalau tidak memiliki bahan materi pelajaran yang akan diujiankan.

5.    Timbulnya rasa takut
Ini adalah alasan terakhir kenapa kata ujian itu menjadi suatu hal yang menyebalkan bagi beberap orang. Rasa takut ini akan timbul pada saat akan menghadapi ujian, kenapa ya…?
Karena takut kalau-kalau saat ujian tidak bisa menjawab soal-soal yang diberikan oleh para guru/dosen. Kalau tidak bisa menjawab soal, berarti akan mendapatkan nilai yang rendah atau jelek. Karena membayangkan takut mendapatkan nilai yang buruk, terkadang beberapa individu justru melakukan sebuah kecurangan-kecuranga yang seharusnya tidak dilakukan. Salah satu cara yang tidak baik adalah menyontek (hayo… siapa yang setiap kali ujian melakukan hal seperti ini…?). Kalau masih ada yang melakukan hal seperti ini coba deh untuk segera di rubah sistem belajarnya, rasanya tidak menyenangkan jikalau kita mendapatkan nilai yang tinggi tapi denga cara berbuat curang.

            Kalau tadi saya sudah memaparkan beberapa masalah yang timbul saat menghadapi ujian, sekarang saya akan mengajak para pembaca untuk mempersiapkan diri untuk bisa menghadapi ujian dengan menyenangkan. Mau tau, bagaimana caranya…? Mari kita simak lagi pembahasan berikutnya :

Persiapan saat menghadapi ujian yang akan tiba
1.    Mempersiapkan bahan materi ujian setiap pelajaran
Kunci utama dalam kesuksesan kita untuk menghadapi yang namanya ujian adalah memiliki baha materi setiap pelajaran yang akan diujikan.  Kalau tidak ada bahan materi pelajarannya berarti kita tidak dapat belajar sama sekali dong, bagaimana mungkin kita itu bisa menjawab soal-soal ujian nantinya, kalau kita tidak memiliki bahan materi pelajarannya. Jadi persiapkanlah baha materi setiap pelajaran yang telah diberikan/disampaikan oleh para guru/dosen saat mengajar. Dan mempersiapkan bahan materi ini haruslah di jauh-jauh hari, bukan pada saat sehari ujian akan dilaksanakan.
a.       Membaca Materi
Jika kita telah mempersiapkan bahan materi mata pelajaran/kuliah, maka yang dilakukan selanjutnya adalah membaca bahan materi tersebut. Jangan hanya dipersiapkan saja atau di pandang-pandang saja ya….
b.      Mencatat Materi
Mencatat disini bukan berarti bahannya dicatat sebagai bahan untuk menyontek, tapi digunakan untuk mempermudahkan kita dalam mepelajarinya. Jadi, dari sekian banyak bahan materi yang kita miliki baik dari buku catatan atau buku ajar, sebaiknya kita merangkumnya/meringkasnya sesuai dengan kata-kata yang kita pahami. Ingat catatan itu jangan dibuat untuk menyontek, melainkan untuk mempermudahkan kita mempelajari bahan materi yang berkaitan dengan teori.
c.       Mengulang-ulang Materi
Mengulang-ulang materi dalam arti, bahan materi yang kita miliki sebaiknya selalu kita ulang-ulang agar mudah untuk memahaminya. Bagi yang mempunyai sistem belajar dengan cara menghapal materi, sebenarnya tidaklah masalah asalkan kita juga memahami apa yang sudah kita hapal. Karena kalau hanya di hapal, bisa saja hapalan itu jadi lupa karena sesuatu hal, tetapi jika kita memahami maka materi itu akan selalu melekat dipikiran kita.


2.    Mempersiapkan segala sarana dan Prasarana yang berkaitan dengan ujian
Ada beberapa orang berkata bahwasanya ketika ingin mengikuti ujian pasti rasanya seperti sedang menghadapi sebuah perperangan yang perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Kalau saya bilang saya sih, ada benernya juga. Ujian itu adalah suatu peperangan dimana kita berjuang untuk meraih suatu prestasi dengan nilai yang baik, dan yang menjadi lawan yang harus kita hadapi adalah berbentuk soal-soal baik itu tertulis maupun secara lisan. Dan untuk memperjuangkannya maka kita pastinya harus mempersiapkan segala peralatan yang berikaitan untuk menunjang keberhasilan ujian kita, kalau tidak mau mendapatkan masalah saat menghadapi ujian.
a.       Letakkanlah jadwal ujian pada posisi yang strategis atau mudah dilihat, agar kita ingat kapan ujian masing-masing matakuliah atau mata pelajaran baik itu harinya atau jamnya. Sehingga kita tidak salah mempelajari bahan materi apa yang akan diujikan.
b.      Carilah tempat belajar yang akan membuat kamu merasa nyaman, kalau bisa jauhilah tempat tidur. Karena itu akan membuat kamu menjadi tergoda untuk malas belajar. Awalnya fokus untuk belajar, tetapi baru lima menit membaca buku, eh… malah justru ketiduran (hehe….). Belajar di alam terbuka juga adalah salah satu tempat yang menarik untuk belajar, karena pikiran kita juga akan terasa lebih fresh.
c.       Agar meningkatkan semangat kita untuk belajar, jangan lupa persiapkan pula cemilan atau makanan ringan serta minuman kesukaan kita. Selain berfungsi untuk menambah semangat juga berfungsi untuk menambah tenaga sehingga belajarnya lebih fokus dan tidak merasa kelaparan, tapi jangan konsumsi terlalu banyak karena akan membuat kita menjadi ngantuk bila kekenyangan (hehe…)
d.      Mempersiapkan segala bahan tertulis atau buku-buku yang berkaita dengan mata kuliah atau mata pelajaran yang akan diujikan.
e.       Persiapkanlah segala perlengkapan alat tulis seperti pulpen, pensil, penghapus/type-x, (kalau bisa hindari yang namnaya menggunakan type-x, karena itu akan membuat lembar jawaban kalian terlihat kotor, dan beberapa guru/dosen tidak menyukai hal itu), penggaris, spidol, kalkulator (jikalau saat menghadapi ujian yang berkaitan dengan perhitungan).
f.       Persiapkan pula berkas/dokumen yang berkaitan dengan persyaratan untuk mengikuti ujian seperti kartu ujian bagi para pelajar/mahasiswa atau berkas lainnya yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah/kampus.


3.    Mempersiapkan fisik
Hal yang nggak kalah penting untuk dipersiapkan adalah fisik kita, jikalau fisik kita sedang tidak sehat bagaimana mungkin kita bisa belajar dengan baik dan bagaimana pula kita bisa mengikuti ujian. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kita dengan cara :
a.       Melakukan olahraga ringa sesekali dengan waktu sekitar 5 atau 10 menit.
b.      Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat (seperti mengkonsumsi air minum putih)
c.       Aturlah waktu belajar dengan baik dengan meluangkan waktu istirahat untuk tubuh juga pikiran kita, agar selalu fresh dan tidak menimbulkan rasa malas atau lemas untuk menghadapi ujian.


4.    Jangan lupa untuk beribadah dan berdoa kepada Allah
Tahap terakhir yang harus kita persiapkan setelah melakukan ikhtiar dengan mempersiapkan bahan materi, mempersiapankan sarana dan prasarana, juga mempersiapkan fisik maka tahapan selanjutnya adalah jangan lupa beribadah da berdoa kepada Allah. Karena sebaik apapun persiapan yang telah kita lakukan jikalau kita tidak memohon pada-Nya untuk diberikan kemudahan dan kelancaran maka semua akan menjadi sia-sia. Jadi buat kamu para pelajar juga para mahasiswa yang akan menghadapi ujian, jangan lupa ya ingat Allah dalam setiap aktivitas kita terutama saat kita akan menghadapi ujian. 


Bagaimana menurut para pembaca…? Tidak akan ada yang sulit untuk dilakukan jikalau kita mau berusaha untuk melakukannya denga niat yang baik. Dan tidak ada yang perlu kita takutkan, jikalau kita menghadapinya dengan tenang dan juga berpikir positif.
Kira-kira masih ada nggak ya yang merasa sebel dengan yang namanya ujian…? Kalau masih ada buruan dong rubah pemikirannya. Dan coba lakukan tahapan-tahapan di atas, pasti deh insyaallah jikalau dilakukan dengan serius maka apa yang ingin dicapai pada saat ujian pasti berhasil. Selamat mencoba ya….?? (jikalau para pembaca juga punya tips saat menghadapi ujian seperti biasanya bisa di kasih komen di pos ini ya).
Sampai ketemu di pos-pos pengetahuan berikutnya ya para pembaca………..

Comments