AKUN-AKUN AKTIVA LANCAR



1)      Kas (cash) adalah uang tunai yang disimpan dalam brankas perusahaan, simpanan di bank yang berbentuk giro atau simpanan lain yang dapat diambil setiap saat.
2)  Deposito Bank/deposito berjangka (time deposit) adalah simpanan pada bank yang berbentuk deposito yang dapat diambil pada waktu tertentu saja.
3)   Surat Berharga/efek (marketable securities) adalah saham dan obligasi perusahaan lain yang dapat diuangkan atau dijual di bursa efek.
4)   Piutang Usaha (Acoount payable) adalah hak untuk menagih kepada pihak lain karena perusahaan memberikan pinjaman atau menjual barang/jasa secara kredit kepada pihak lain.
5)     Piutang Wesel/Wesel tagih (notes receivable) adalah surat perintah yang ditujukan kepada seseorang atau badan tertentu untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal yang telah ditentukan pada orang yang namnya tertulis dalam surat tersebut atau pada orang yang membawa surat tersebut.
6)      Persediaan Barang Dagangan (merchandise inventory) adalah persediaan barang yang siap untuk dijual.
7)     Perlengkapan Kantor (office supplies) adalah perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan administrasi perkantoran.
8)    Perlengkapan Toko (store supplies) adalah perlengkapan yang digunakan untuk kelancaran kegiatan di toko.
9)  Beban dibayar dimuka (prepaid expenses) adalah biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, tetapi belum menjadi kewajiban atau belum dilakukan.
10)  Pendapatan yang Masih Harus diterima/ Piutang pendapatan (accured revenues) adalah  pendapatan yang sudah diperhitungkan menjadi hak, tapi belum diterima pembayarannya.

Referensi Buku :
Toto Sucipto, dkk, 2004, Siklus Akuntansi, Penerbit Yudhistira, Jakarta
Soemarso, 2004, Akuntansi Suatu Pengantar, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Comments