PENGERTIAN SKRIPSI


Skripsi adalah laporan ilmiah yang dihasilkan dari penelitian ilmiah oleh mahasiswa strata satu. Skripsi membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi adalah tugas akhir yag harus dikerjakan mahasiswa sesuai dengan bidang ilmunya. Apabila judul skripsi telah disetujui, maka tugas seorang peneliti adalah menulis proposal penelitian. Proposal penelitian ditulis dari bab 1, bab 2, dan bab 3. Dalam penulisan proposal peneliti dapat menyertakan tabel jadwal penelitian yag akan menjadi target dalam menyelesaikan proposan penelitian skripsi.
      Dalam melakukan penulisan skripsi, peneliti harus memperhatikan kaidah bahasa indonesia yang baku. Sesuaikan kalimat dengan Ejaan Bahasa Indonesia atau juga disebut EYD. Bila tidak ada padanan kata bahasa Indonesia, maka ditulis dengan menggunakan cara italics (miring). Selain itu, seorang peneliti harus menggunakan pedoman dalam penulisan skripsi sesuai dengan aturan yang telah disusun oleh masing-masing pihak kampus yang bersangkutan. Dari semua penelitian, bab 1 adalah yang menjadi bagian penting dalam sebuah penelitian. Karena di dalam bab 1 akan menjelaskan topik, latar belakang, masalah penelitian, sesuatu yang menarik untuk diteliti dan rumusan masalah yang akan dijawab oleh peneliti. Dalam melakukan penulisan skripsi, dibutuhkan banyak waktu membaca, meneliti dan berdiskusi. Gunakanlah berbagai macam buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian. 
 
      Biasanya seorang mahasiswa tingkat akhir belum siap mengerjakan skripsi, maka bisa jadi skripsi tersebut berhenti di tengah jalan. Ada yang menyebabkan mahasiswa drop out, ada pula yang memilih mengambil judul baru. Jika skripsi terbengkalai dan tidak selesai dalam waktu satu semester, maka mahasiswa hanya membuang-buang waktu dan juga buang-buang biaya. Oleh karena itu, dalam melakukan penulisan skripsi sebaiknya seorang peneliti mempersiapkan diri baik itu secara mental maupun finansial.

      Dalam menyelesaikan skripsi, yang menjadi target utama adalah menjadwalkan waktu yang cukup dan sebaik mungkin. Kemudian menuliskan apa yang telah diketahui atau dipahami oleh seorang peneliti dalam skripsi. Apabila skripsi telah selesai dituliskan, maka langkah selanjutnya adalah menyerahkan kepada dosen pembimbing dan kemudian segera diperbaiki jika ada kesalahan agar mendapat hasil penelitian yang baik. Untuk menulis skripsi, maka dibutuhkan sebuah komitmen yang kuat karena ada dua proses yang harus dilakukan, yaitu meneliti dan menuliskan penelitiannya. Dalam menulis sebuah skripsi pasti akan mendapatkan banyak godaan yang dialami, seperti timbulnya rasa malas, habisnya waktu karena sering bercanda dan ngobrol bersama teman, sulitnya dapat bertemu dengan dosen pembimbing, dan lain sebagainya. Maka, sebagai seorang peneliti harus sudah mempersiapkan diri baik lahir maupun batin dalam menghadapi persoalan apapun itu selama dalam penyelesaian skripsi.

      Sesulit apapun rintangan yang harus dihadapi, seorang peneliti harus memiliki  jiwa dan semangat yang besar. Tidak ada suatu masalah yang tidak bisa diselesaikan, jika diniatkan dalam hati untuk menyelesaikan skripsi dengan sebaik mungkin agar menghasilkan penelitian yang baik serta mendapatkan nilai yang terbaik pula.

Comments