PENGERTIAN TESIS


Tesis adalah karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah tertentu dalam bidang tertentu. Tesis mengandung metode pengumpulan data, analisis dan pengolahan data serta menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas tesis harus terlihat, yang menunjukkan pemikiran yang bebas dan kriyis. Tesis bersifat argumentatif dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.
Penulisan tesis harus baku dan dapat dipertahankan dalam sidang, penulisan tesis mensyaratkan kejelasan argumen, bobot argumentasi, kemudahan untuk dipahami setidaknya oleh para akademis, kegunaan prakyis untuk masyarakat dan profesi. Tesis senantiasa mengasumsikan adanya argumentasi teoretis tertentu yang diacu. Penelitian tesis berupa pengajuan suatu teori (baru), pengujian (penerapan) teori, penilaian teori yang telah didokumentasikan. Argumentasi harus jelas dan eksplisit, akan menambah pengetahuan para pembaca. Argumentasi disajikan dengan baik, tercermin dari kajian literatur dan data pendukung.

Tesis memiliki bobot kebaruan, dari segi pengembangan teori atau konsep, tawaran metodologi yang tepat, atau eksplorasi data penting yang belum pernah atau jarang dilakukan. Kebaruan ini akan memiliki kontribusi bagi pengembanga ilmu pengetahuan yang digeluti. Tesis harus dapat dibandingkan dengan karya ilmiah lain. Karya ilmiah yang memiliki kualifikasi sebagai tesis mencakup faktor substantif (penguasaan materi bahasan, teori dan konsep), pemilihan metode yang tepat, teknik pengumpulan dan analisis data yang tepat.

Karakteristik tesis bisa diuraikan sebagai berikut :
a.       Fokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam salah satu disiplin ilmu sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh mahasiswa bersangkutan.
b.      Merupakan pengujian empirik terhadap posisi teoritis tertentu.
c.       Menggunakan data primer sebagai data utama yang dapat ditunjang oleh data sekunder.
d.      Ditulis dengan bahasa indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing.

Berdasarkan karakteristik di atas dapat disimpulkan bahwa tesis adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister (S2) yang merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan. Hampir sama dengan skripsi, sebelum penelitian dan penulisan laporan dilakukan tesis harus diajukan dengan proposal.

Referensi :
Burhan Fanani. 2016. Mengayakan Kalimat dan Imajinasi. Araska Publisher. Yogyakarta

Comments