ISTILAH-ISTILAH DALAM AKUNTANSI


Laporan Keuangan adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, terutama pihak di luar perusahaan, mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan. Laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Manajemen adalah sekolmpok orang yang diberi tanggungjawab untuk mengelola kegiatan perusahaan.

Modal adalah sumber pembelajaan perusahaan yang berasal dari pemilik.

Neraca adalah laporan keuangan yang dapat memberi informasi tentang sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan dan sumber pembelanjaan untuk memperolehnya. Laporan ini menyajikan posisi keuangan perusahaan.

Pembukuan adalah perncatatan data perusahaan dengan cara tertentu.
Persekutuan adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih menurut suatu perjanjian yang dilakukan di antara mereka.

Perseroan terbatas adalah perusahaan yang merupakan badan hukum terpisah yang dibentuk berdasarkan hukum dimana pemiliknya dibagi dalam saham-saham.

Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perseorangan.

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan lagi.

Perusahaan pabrik adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut.

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa-jasa.

Aktiva adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan. Aktiva merupakan sumber daya bagi perusahaan untuk melakukan usaha.

Bentuk Skontro adalah penyajian neraca dimana aktiva diletakkan disebelah kiri sedang kewajiban dan modal diletakkan disebelah kanan sehingga menyerupai bentuk akun.

Bentuk stafel adalah penyajia neraca dimana kewajiban dan modal diletakkan dibawah aktiva.

Beban adalah penurunan dalam modal pemilik, bisanya melalui pengeluaran uang atau penggunaan aktiva yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk memperoleh pendapatan.

Harta adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan.

Kas adalah uang dalam bentuk tunai maupun rekening bank yang dipunyai perusahaan.

Kewajiban adalah sesuatu hal yang harus dibayar atas kepemilikan sesuatu atau utang.

Laba bersih adalah selisih lebih pendapatan atas beban-beban dan yang merupakan kenaikan bersih atas modal yang berasal dari kegiatan usaha.

Laporan perubahan modal adalah ikhtisar tentang perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama jangka waktu tertentu.

Pendapatan adalah jumlah yang dibebankan kepada langganan untuk barang dan jasa yang dijual. Pendapatan juga dapat didefinisikan sebagai kenaikan bruto dalam modal yang berasal dari barang dan jasa yang dijual.

Peralatan adalah salah satu bentuk aktiva dalam perusahaan yang biasanya bernilai cukup besar dan digunakan untuk menjalankan kegiatan perusahaan.

Laporan laba rugi adalah ikhtisar pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu. Laporan laba rugi menunjukkan hasil usaha suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Perlengkapan adalah salah sayu bentuk aktiva dalam perusahaan yang terdiri dari bahan pembantu.

Persamaan akuntansi adalah hubungan antara aktiva, kewajiba dan modal yang dinyatakan dalam suatu persamaan dimana aktiva = kewajiban + modal

Transaksi adalah kejadian atau situasi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan dan oleh karena itu harus dicatat.

Utang dagang adalah utang jangka pendek yang berasal dari pembelian barang-barang atau jasa untuk keperluan usaha.

Comments