CONTOH SOAL NERACA LAJUR PERUSAHAAN DAGANG (METODE PERIODIK) PD. BMA

 



Berikut adalah data Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian milik PD. BMA bulan Desember 2019. 




Diminta :

Berdasarkan data di atas, maka susunlah Neraca Lajur dengan 8 Kolom, 10 Kolom dan 12 Kolom

Penyelesaian dengan 8 kolom


Note :

Untuk memperoleh nominal pada kolom Laba/Rugi dan Neraca, maka dilakukan penggabungan (pengurangan atau penambahan) antara nominal kolom Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian. 


Penyelesaian dengan 10 kolom

Note :

Untuk memperoleh nominal pada kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian maka dilakukan penggabungan (pengurangan atau penambahan) antara nominal kolom Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian. Kemudian untuk memperoleh nominal pada Kolom Laba/Rugi dan Neraca, maka dapat diperoleh dari pemindahan nominal pada Neraca Saldo Setelah Penyesuaian.


Penyelesaian 12 kolom

Note :

Untuk memperoleh nominal pada kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian maka dilakukan penggabungan (pengurangan atau penambahan) antara nominal kolom Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian. Kemudian untuk memperoleh nominal pada Kolom Laba/Rugi, Laporan Ekuitas dan Neraca, maka dapat diperoleh dari pemindahan nominal pada Neraca Saldo Setelah Penyesuaian.


Comments

  1. THANKS BUAT INFO NYA. SAYA SANGAT TERBANTU. BTW APAKAH ADA SOAL DIMULAI MENJURNAL SAMPAI MEMBUAT LAPORAN KEUANAGN LENGKAP. BUKAN LANGSUNG MEMBUAT LAPORAN DAN APAKAH ADA CONTOH SOAL YANG PERPETUAL

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah mampir, next nanti kita buat ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung