Belajar itu Sebenarnya Menyenangkan Lho....


Assalamu'alaikum....
Hai..., salam kenal dari saya. Ini adalah pos pertama saya untuk teman-teman pembaca dimanapun sedang berada. Wah...., semoga aja pos pertama ini bisa menjadi bermanfaat buat para pembaca sehingga saya juga akan bersemangat untuk membuat pos-pos selanjutnya.
Baiklah, untuk pos pertama ini saya ingin membahas tentang tips atau penjelasan agar para pembaca bisa menyukai yang namanya kata "belajar". Kalau dengar kata itu pasti ada yang merasa, aduhhh… pembahasannya nggak seru banget. Tapi saya yakin juga sebenarnya ada beberapa orang diluaran sana yang masih atau bahkan ingin mengetahui apa sih belajar itu, terus apa sih manfaatnya, dan bagaimana ya biar belajar itu bisa terasa nikmat bukan sebaliknya menjadi bosan. Baiklah, disini saya akan coba sedikit mengulas tentang kata “belajar”.

Apa sih belajar itu….??
Apa ya yang namanya belajar itu…? Apakah itu berupa makanan….? Apakah berupa benda….? Atau mungkin sesuatu hal yang menyeramkan, sehingga beberapa orang tidak menyukai yang namanya kata “belajar” (hehe…. Yang gak suka belajar, pasti orang yang belum kenal dekat tuh sama yang namanya belajar. Kalau udah kenal pasti deh, bakal jadi suka) seperti pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Jadi biar kita sayang/suka dengan “belajar”, yukkk kita kenalan dulu….
a.    Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI)
Belajar  itu adalah  berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.
b.    Menurut para Ahli
OEMAR H.
Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan
WINKEL
Belajar adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan sikap-sikap
Jadi berdasarkan dari beberapa definisi yang ada di atas, dapat kita simpulkan ternyata yang namanya “belajar” itu bukan sejenis makanan, minuman atau bahkan sesuatu hal yang menyeramkan. Justru belajar itu adalah suatu proses dimana setiap individu lakukan dalam kehidupannya sehari-hari baik secara pribadi, kelompok dan baik itu disekolah, dirumah, dikantor dan dimanapun dia berada yang mana tujuannya untuk memperoleh suatu perbuahan yang ada pada dirinya dalam bentuk suatu ilmu pengetahuan, suatu keterampilan maupun berupa sikap yang positif. Dan proses yang dilakukan dapat berupa pengalaman yang pernah terjadi atau berasal dari latihan-latihan yang dilakukan, sehingga yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
Nah….., itu dia yang namnaya “belajar”. Kata ini biasanya melekat pada diri para siswa/i atau mahasisa/i yang berada disekolah atau di kampus. Padahal kata belajar itu tidak hanya dilakukan oleh mereka saja atau tidak hanya dilakukan disekolah maupun di kampus saja. Belajar itu bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan usia berapapun, tapiii…. Selama dia punya keinginan untuk melakukannya. Dan belajar itu, tidak harus menggunakan bimbingan dari seorang pengajar atau guru. Setiap individu dapat melakukannya masing-masing atau biasa dikenal dengan sebutan otodidak (yaitu belajar sendiri, dengan cara membaca buku, atau mendengarkan informasi-informasi pengetahuan yang bermanfaat).

Apa sih manfaat belajar itu….??
Kira-kira ada yang tau nggak ya, apa manfaat dari belajar yang kita lakukan selama ini. Jangan-jangan ternyata manfaatnya tidak ada sama sekali….?? Bagi yang suka belajar pasti bakal tau apa mafaatnya, bagi yang belum tahu yukkk…. kita cari tau bersama disini.
Manfaat belajar :
1.    Dengan belajar kita menjadi tahu sesuatu hal yang kita sebelumnya tidak ketahui. Seperti seorang anak yang masih kecil belum bisa membaca, tetapi karena terus diajarkan oleh kedua orang tuanya atau guru maka si anak kecilpun mulai belajar sehingga akhirnya bisa membaca sendiri.
2.    Dengan belajar kita bisa menambah ilmu pengetahuan kita. Seperti seorang para ilmuwan, mereka tidak akan dapat menemukan suatu penemuan jikalau mereka tidak pernah belajar. Dengan belajar berbagai hal ilmu dari berbagai macam buku dan informasi, maka mereka akhirnya menemukan suatu penemuan baru yang dapat berguna untuk banyak orang.
3.    Dengan belajar kita juga bisa menambah keterampilan diri yang kita miliki. Setiap orang tidak akan mengetahui keterampilan apa yang mereka bisa lakukan tanpa terlebih dahulu yang namnaya belajar. Karena setelah mereka belajar dan terus belajar dari orang-orang yang lebih mengerti atau dari berbagai macam buku dan informasi, maka merekapun akan mengetahui keterampilan apa yang sebenarnya bisa mereka kembangkan dari dalam diri mereka.
4.    Dengan belajar dapat menjadikan seseorang menuju kesuksesan. Orang yang sukses itu bukan terlahir dengan begitu saja, tetapi orang yang sukses itu terbentuk/terlahir karena menempuh berbagai macam proses kehidupan yang dilalui. Dan untuk mencapai kesuksesan itu maka setiap orang harus belajar, yaitu belajar bagaimana untuk mencapai sebuah kesuksesan yang ingin dicapai.
5.    Dengan belajar kita dapat menjadi orang yang diinginkan oleh lingkungan. Setiap orang yang mau belajar untuk menambah ilmu atau keterampilan mereka pasti akan dicari atau bahkan dibutuhkan oleh lingkungan sekitar mereka. Karena orang yang suka belajar pasti memiliki kemampuan lebih dibandingkan orang yang tidak ingin belajar.
Nah itu tadi adalah beberapa manfaat umum yang dapat kita peroleh dengan melakukan yang namnaya belajar, sebenarnya dengan berlajar masih banyak manfaat yang akan diperoleh. Itu semua tergantung dari masing-masing pribadi yang merasakannya. Tapi, pada intinya yang namanya belajar itu sangatlah bermanfaat bagi kita sampai kapanpun. Jadi jangan pernah berhenti untuk terus dan terus belajar, baik itu belajar untuk pengetahuan, untuk keterampilan, untuk pengalaman, atau belajar untuk menemuakan ide-ide baru bagi generasi penerus.

Bagaimana sih menikmati yang namanya belajar….??
Banyak yang bertanya atau mempertanyakan bagaimana cara agar dapat menikmati yang namanya belajar, saya dulu juga pernah mengalami yang namanya sulit untuk menyukai belajar. Tetapi seiringnya waktu berjalan dan ketika saya berkunjung ke salah satu toko buku, maka saya menemukan satu buku yang sangat memotivasi saya untuk semangat dalam belajar. Dan kali ini saya akan berbagi kepada para pembaca bagaimana caranya, yukkk disimak ya ^_^
a.    Hal yang pertama sekali perlu kita lakukan dalam belajar adalah menimbulkan rasa suka/cinta terhadap suatu pelajaran tersebut.
Hayooo…., pasti pada mikir “kan cinta itu seharusnya kepada seseorang, kok malah ke pelajaran..?”. Hehe… yang namanya suka atau cinta itu tidak hanya kita lakukan kepada seseorang atau makhluk hidup saja, tapi…., kita juga bisa melakukannya kepada suatu hal yaitu belajar suatu pelajaran yang mungkin tidak kita sukai selama ini. Kalau kita sudah suka kepada pelajaran tersebut pasti kita akan melakukan apa saja untuk memperolehnya. Layaknya seseorang yang suka makan coklat, maka yang dia lakukan adalah menyisihkan uang sakunya untuk bisa membeli coklat tersebut walaupun mungkin harganya sangat fantastik mahalnya. Begitu juga jika kita sudah mencintai/menyukai suatu pelajaran, maka apapun itu akan kita lakukan untuk bisa menyelesaikannya dengan salah satu cara yaitu menyisihkan sedikit waktu luang kita untuk belajar sehingga sesulit apapun pelajaran itu dan sebanyak apapun soal yang diberikan kepada kita, semuanya dapat kita selesaikan dengan baik.
b.   Mengatur jadwal belajar yang tepat
Setelah kita menyukai/mencintai pelajaran tersebut, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatur jadwal untuk belajar. Karena dengan mengatur jadwal ini, kita akan lebih menikmati proses dalam memahami suatu pelajaran. Jikalau kita belajar dalam waktu yang tidak tepat, maka hasil yang akan kita peroleh juga tidak akan maksimal bahkan bisa jadi akan membuat diri kita menjadi malas untuk belajar. Jadi pilihlah waktu yang tepat, jangan belajar pada saat mata sudah mulai mengantuk, jangan belajar saat sedang bermain, jangan belajar saat sedang menonton tv, atau jangan belajar pada saat seorang teman kita sedang bertamu kerumah.
Mungkin ada juga yang berpendapat, saya baru bisa menikmati belajar jikalau sambil mendengarkan musik atau nonton tv (boleh…boleh…saja dilakukan asalkan persentasenya lebih besar ke belajar daripada dengarin musik atau nonton tv nya ya hehe…). 
c.    Lebih baik belajar dengan waktu yang singkat tapi konsisten tiap hari.
Banyak diantara kita itu lebih suka belajar SKS atau sering dikatakan sebagai sistem kebut semalam, dan bahkan belajarnya pada saat sehari sebelum ujian dilakukan (hehe…. Hayooo sapa nih yang masih suka lakukan hal seperti ini…? Saya dulu juga pernah sih melakukannya di saat masih bangku sekolah putih biru alias SMP, tapi… hasil yang saya peroleh dengan sistem belajar tersebut benar-benar sangat tidak baik. Dari pengalaman itu saya mulai merubahnya ke sistem yang baru, saya coba untuk belajar di hari-hari biasa (tidak sampai setiap hari sih, tapi seminggu mungkin bisa 3 atau 4 kali mengulang pelajaran yang berbeda), ternyata hasil yang saya peroleh juga terasa bagus dan menyenangkan. Jadi rubah cara belajar para pembaca selama ini ya, lebih baik jam belajarnya singkat tapi diulang-ulang kembali setiap saatnya. Sehingga pelajaran yang kita pelajari akan terus melekat dikepala karena kita paham bukan karena kita menghapal. 
d.   Membangun kelompok belajar dengan teman
Cara belajar satu ini sebenarnya cukup bagus untuk dilakukan, walaupun sebenarnya belajar berkelompok begini terkadang lebih banyak ngobrolnya daripada pembahasan pelajarannya (hehehe…. Benar ga…?). Jadi agar belajar secara kelompok atau diskusi ini dapat berjalan lancar, maka pilihlah teman-teman yang benar-benar memiliki niat memang ingin belajar bersama, selain itu buatlah kesepakatan agar selama belajar tidak boleh membicarakan berbagai hal diluar dari konteks pelajaran yang sedang dilakukan. Dan usahakan dalam kelompok belajar memiliki satu orang yang benar-benar memahami pelajaran yang akan dibahas, sehingga bagi yang belum mengerti bisa belajar dengan teman tersebut. 
e.    Banyaklah membaca buku
Sebagai seorang siswa atau mahasiswa kita itu seharusnya harus membiasakan diri untuk membaca berbagai macam buku yang dapat menambah pengetahuan kita, bukan hanya buku pelajaran saja tapi seluruh buku yang positif apalagi buku yang dapat memotivasi kita untuk bisa lebih semangat untuk menimba ilmu. Buku adalah salah satu guru yang dapat memberikan kita ilmu, dengan membaca buku kita akan lebih banyak mengetahui hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Waktu jam belajar kita disekolah atau kampus sangatlah begitu singkat, dengan memanfaatkan waktu kita dirumah dengan membaca buku itu adalah sangat berguna sekali.
Jadi bagaimana teman-teman para pembaca, setelah membaca pos ini apakah pandangan tentang “belajar” yang selama ini serasa menyebalkan dan membosankan itu telah berubah menjadi menyenangkan…?? Dapat disimpulkan bahwa yang namanya belajar itu sebenarnya sangatlah mengasyikkan, tapi tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Tidak ada satupun pelajaran yang sulit jikalau kita mau berusaha untuk mempelajarinya tahap demi tahap. Baiklah saya rasa sekian dulu deh, pembahasan kita tentang kata “belajar” semoga bisa bermanfaat buat para pembaca ya. Dan jikalau teman-teman para pembaca ada kritik atau saran silahkan berikan komentarnya. Silahkan berbagi pendapat teman-teman di blog ini…





Comments

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung