MANFAAT UJIAN BAGI PELAJAR/MAHASISWA

Assalamu'alaikum, para pembaca semuanya. Apa kabarnya nih....??
Semoga kabar para pembaca sehat selalu ya, biar ngebaca pos ini juga bisa fokus.
Kali ini tema yang akan saya bagi ke para pembaca adalah berkaitan dengan "Ujian", wah... ternyata tidak kalah nyebelinnya dengan tema sebelumnya yaitu "belajar" (hehe...., penulis emang sengaja sih bahas tema-tema yang disebelin biar para pembaca jadi suka dengan kata itu, terutama bagi para pembaca yang masih duduk dibangku sekolah atau kuliah). Bagi para pembaca yang penasaran dengan kata ujian dan manfaatnya nya yuk mari kita bahas tahap demi tahap ya....

Sebelum saya akan berbagi tips nya, sepertinya lebih baik kalau kita kenalan dulu dengan yang namanya "ujian" itu apa sih...?? kenapa kata ini juga menjadi salah satu kata yang paling tidak disukai bagi para pelajar atau mahasiswa ya...? pasti deh kalau udah dengar kata ujian, bawaannya malassss banget mau melakukan apapun itu. Dan bahkan pasti ada yang bertanya, sebenarnya ujian itu buat apa sih....? kenapa juga harus dilakukan...??
Definisi Ujian
a.    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Ujian itu adalah hasil menguji selain itu dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang dipakai untuk menguji mutu sesuatu baik itu berupa kepandaian, kemampuan, hasil belajar dan lain sebagainya bagi seorang pelajar atau mahasiswa yang diselenggarakan di sekolah atau di kampus.
b.    Menurut Para Ahli
Berdasarkan pendapat dari Allen dan Yen, 1979 ujian/tes adalah suatu alat untuk memperoleh data tentang perilaku suatu individu.
Berdasarkan pendapat Anastari, 1982. Ujian/tes adalah sekumpulan pertanyaan yang harus dijawab atau tugas yang harus dikerjakan, yang akan memberikan informasi mengenai aspek psikologis tertentu (sampel perilaku) berdasarkan jawaban yang diberikan individu yang dikenai tes/ujian tersebut..
Nah itu dia beberapa definisi dari ujian/tes baik secara bahasa maupun menurut para ahli. Dan berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya ujian/tes itu adalah suatu cara/prosedur  yang dapat digunakan atau dilakukan dalam rangka pengukuran dan penilaian terhadap individu yang dapat berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas baik secara tertulis maupun lisan, sehingga dapat dihasilkan suatu nilai yang melambangkan prestasi seorang pelajar/mahasiswa.
 Jadi sudah kenalkan dengan yang namanya “ujian”, kalau dipikir-pikir ternyata bukanlah suatu hal yang menyebalkan tuh, justru menyenangkan karena bisa meningkatkan prestasi kita. Tapi…, kenapa masih ada yang sebel ya dengan kata itu…?? Baiklah biar nggak merasa sebel untuk seumur hidup dengan kata “ujian” yuk kita bahas manfaat dari ujian tersebut.

Manfaat dari ujian bagi pelajar dan mahasiswa
1.    Untuk mengevaluasi kemampuan
Diadakannya suatu ujian adalah untuk mengetahui sampai dimanakah batas kemampuan dari seseorang terutama bagi para pelajar/mahasiswa yang sudah mengikuti proses belajar mengajar di bangku sekolah/kampus. Kemampuan disini maksudnya adalah seperti contoh sampai dimanakah kemampuan seorang pelajar SD dapat menulis atau membaca dengan baik juga benar. Bisa juga untuk mengetahui sampai dimanakah kemampuan seorang mahasiswa dalam menekuni suatu bidang atau jurusan yang dia ambil seperti seorang mahasiswa akuntansi, berarti dengan mengikuti ujian akan diketahui kemampuannya dalam menyusun sebuah laporan keuangan perusahaan, melakukan audit laporan keuangan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan jurusan akuntansi. Dan untuk mengetahui seberapa besar kemampuannya, maka caranya adalah dengan mengikuti ujian yang telah diberikan oleh para guru/dosen.
2.    Untuk menilai keberhasilan belajar
Diadakannya suatu ujian adalah untuk menilai/mengukur sejauh mana keberhasilan seorang individu atau pelajar/mahasiswa dalam belajar. Dengan mengikuti ujian kita akan dapat menilai apakah sistem belajar kita selama ini sebenarnya sudah benar/bermanfaat atau belum sama sekali. Kalau sistem belajar kita sudah baik dalam kesehariannya baik dirumah maupun disekolah/kampus maka ketika kita mendengar kata ujian kita tidak akan terkejut dan bahkan kita sudah siap kapan saja untuk mengikuti ujian yang diberikan oleh para guru/dosen. Tetapi sebaliknya jikalau sistem belajar kita tidak baik dalam kesehariannya, pasti kita akan suka mengeluh jika mendengar kata ujian, apalagi kalau ujiannya dilakukan secara mendadak (pasti rasanya dikepala itu udah ada beribu-ribu bintang, hehe…. artinya puyeng). Jadi dengan mengikuti ujian ini kita bisa mengevaluasi sistem belajar kita jikalau hasilnya tidak bagus.
3.    Untuk memotivasi diri
Diadakannya suatu ujian adalah sebagai motivasi diri bagi masing-masing individu baik itu pelajar/mahasiswa untuk lebih meningkatkan prestasinya. Semua individu pasti ingin lulus ujian dan bahkan ingin mempunyai nilai yang bagus, tapi untuk memperoleh itu semua tidaklah semudah kita hanya menghayal atau bermimpi saja. Tetapi bukan berarti pula prosesnya juga sulit lho untuk mencapainya. Jika kita ingin hasil yang bagus maka kita juga harus melakukannya dengan cara yang bagus pula, jangan melakukannya dengan cara setengah hati apalagi dengan cara yang curang ya para pembaca. Dengan ujian kita akan mengetahui berapa nilai atas kemampuan belajar kita selama ini, dan ketika kita mendapatkan nilai yang bagus janganlah berpuas hati. Justru kita harus mensyukuri dan meningkatkan lagi sistem belajar kita dan wawasan kita tentang pelajaran tersebut. Jangan jadikan nilai yang bagus itu membuat kita menjadi terlena bahkan malas belajar untuk kedepannya. Sebaliknya bagi yang telah mengikuti ujian dan ternyata mendapatkan nilai yang tidak bagus, jangan pula berputus asa ya. Justru dengan mengetahui nilai ujian kita yang rendah itu, maka kita seharusnya lebih meningkatkan sistem belajar kita sehari-hari baik dirumah maupun disekolah/kampus.
4.    Dapat mendekatkan diri pada Allah
Manfaat yang terakhir ini mungkin kedengarannya sedikit aneh ya, kok bisa tujuan ujian untuk mendekatkan diri pada Allah….? Apa kaitannya ya…?
Tentu ada kaitannya, karena pada umumnya terkadang ketika seorang pelajar/mahasiswa saat mendengar akan dilaksanakan ujian pasti deh salah satu jurusnya untuk berhasil dalam ujian adalah lebih mendekatkan diri kepada yang kuasa. Seperti hal nya seorang pelajar yang mungkin akan mengikuti Ujian Nasional (UN), pada saat detik-detik menjelang ujian pasti akan begitu khusyuknya beribadah dan berdoa agar diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian. Alangkah indahnya jikalau melakukan ibadah itu bukan hanya saat menjelang ujian saja, melainkan setiap saat yaitu sehari lima kali pasti deh dijamin segala urusannya dalam belajar dan mengikuti ujian akan diberikan kemudahan juga kelancaran dari Allah.
 
Itu dia para pembaca beberapa manfaat yang diperoleh dari terlaksananya atau mengikuti yang namanya ujian/tes dibangku sekolah/kampus. Sebenarnya mungkin banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang dapat diperoleh hanya dengan satu kata yaitu “ujian”, tergantung masing-masing individu menanggapinya.
Jadi, buat para pembaca yang selama ini merasa sebel yang namanya ujian coba deh untuk merubah cara pandangnya. Karena ternyata manfaat dari mengikuti suatu ujian itu sangatlah baik buat setiap pribadi individu, bukan hanya dibangku sekolah/kampus tetapi juga untuk jangka panjang dalam kehidupan setelah menuntut ilmu pendidikan. Baiklah untuk post kali ini saya rasa cukup sampai disini dan nantikan post selanjutnya yang berkaitan tentang “Tips Menghadapi Ujian Bagi Pelajar/Mahasiswa” 

Comments