MACAM-MACAM DATA PENELITIAN


Seperti yang telah diketahui bahwa penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatka data yang valid. Untuk memperoleh data yang valid, maka seorang peneliti harus terlebih dahulu mengetahui macam-macam data.
Jenis data terbagi menjadi dua yaitu :
1.      Data Kualitatis/Non Metrik
Yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Contohnya seperti warna baju, pendidikan dll.
2.      Data Kualitatif/Metrik
Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Contohnya seperti Jumlah anggota DPR yang mengikuti rapat sidang paripurna.
      Jenis data yang teah dikelompokkan menjadi 2 jenis dapat dibedakan menurut tingkat skal. Skala adalah suatu alat yang membedakan individual-individual ke dalam variabel yang akan digunakan dalam penelitian. Adapun macam-macam skala data yaitu sebagai berikut :
1.      Nominal
Data yang hanya dapat digolongkan secara terpisah dan data ini diperoleh dari hasil menghitung. Angka/data hanya sebagai kode/simbol, dan tidak dapat dioperasikan ke dalam persamaan matematika.
Contoh : Dalam suatu kelas setelah dihitung terdapat 50 mahasiswa yang terdiri dari 30 pria dan 20 wanita.
2.      Ordinal
Data yang berbentuk rangking atau peringkat. Angka hanya sebagai simbol, namun ada tingkatan/peringkat, tidak bisa dioperasikan dalam persamaan matematika.
Contoh : Juara I, Juara II, Juara III dan seterusnya. Data ini bila dinyatakan dalam skala, maka jarak satu data dengan data yang lain tidak sama.
3.      Interval
Data interval adalah data yang jaraknya sama tetapi tidak mempunyai nilai (0) (absolut/mutlak). Angka yang didapat memiliki tingkatan, dan bisa dioperasikan dalam persamaan matematika, memiliki titik nol yang tidak absolut.
Contoh : Suhu udara/temperatur 0o C, tetapi tetap ada nilainya.
Data-data yang diperoleh dari pengukuran dengan instrumen sikap dengan skal likert misalnya adalah berbentuk data interval.
4.      Ratio
Data yang jaraknya sama, dan mempunyai nilai 0 mutlak. Tingkat pengukuran skala yang paling tinggi, angka yag didapat memiliki tingkatan dan bisa dioperasikan dalam persamaan matematika, memiliki titik nol yang absolut.
Contoh : Gaji/mata uang. Data tentang berat, panjang da volume.

Referensi :
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit : Alfabeta. Bandung
Albert Kurniawan. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis. Penerbit : Alfabeta. Bandung

Comments