NERACA SALDO SETELAH PENYESUAIAN


A.          Pengertian Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
Neraca saldo adalah daftar nama-nama akun yang digunakan untuk mengetahui keseimbangan antara jumlah akhir antara kolom debet dan kredit yang ada di buku besar, setelah dilakukannya jurnal penyesuaian. Jumlah kolom debet dan kredit pada neraca saldo setelah penyesuaian harus menunjukkan jumlah yang sama, jika jumlah yang dihasilkan tidak sama berarti ada kesalahan dalam pencatatan yang dilakukan.




B.          Bentuk Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
Bentuk neraca saldo setelah penyesuaian yang pada umumnya digunakan adalah sebagai berikut:

No. Akun
Nama Akun
Debet
Kredit












Jumlah



Penjelasan :
1.      Kolom No. Akun, digunakan untuk mencatat nomor masing-masing akun yang ada di buku besar setelah penyesuaian.
2.     Kolom Nama Akun, digunakan untuk mencatat nama masing-masing akun yang ada di buku besar setelah penyesuaian.
3.      Kolom Debet digunakan untuk mencatat jumlah saldo akhir masing-masing akun yang ada di debet.
4.      Kolom Kredit digunakan untuk mencatat jumlah saldo akhir masing-masing akun yang ada dikredit

C.          Langkah-langkah dalam menyusun Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
  Ada beberapa tahap yang kita lakukan dalam menyusun neraca saldo setelah penyesuaian yaitu :
1.        Sumber data yang digunakan saat melakukan pencatatan neraca saldo setelah penyesuaian adalah dari data neraca saldo dan jurnal penyesuaian. buku besar setelah disesuikan dan sebelumnya oleh perusahaan.
2.        Kemudian kita lakukan pemostingan data dari neraca saldo dan jurnal penyesuaian ke dalam buku besar, berdasarkan nama dan nomor akun yang tersedia.
3.        Jika perusahaan menggunakan bentuk staffel, penyusunan neraca saldo tinggal memindahkan saldo akhir dari masing-masing akun yang ada di buku besar tersebut. Jika perusahaan menggunakan buku besar berbentuk skontro, terlebih dahulu menghitung saldo masing-masing akun dengan cara menjumlahkan sisi debet dan sisi kredit kemudian selisih yang terjadi diantara jumlah kedua akan dipindahkan ke neraca saldo setelah penyesuian.
4.     Susunan di neraca saldo setelah penyesuaian harus beruurutan sesuai dengan nomor dan kelompok akun yang telah tertera di buku besar, diawali dengan akun riil (neraca) selanjutnya adalah akun nominal (laba rugi).

Comments