7 BAHAYA KENAKALAN REMAJA MENURUT AL-QUR'AN

   


  Sebagai seorang remaja yang menjalani hidup di zaman modern begini tentu saja begitu banyak hal atau tantangan yang akan diadapi, tapi sesulit apapun tantangan tersebut haruslah bisa di lawan dan dihindari agar menjadi seorang generasi muda yang berpribadi lebih baik dari sebelumnya. Berikut akan dipaparkan 7 jenis kenakalan remaja yang begitu bahaya dan dilarang dalam Al-Qur'an. 

Tidak Patuh Pada Orangtua

Segeralah berubah dan jauhi perbuatan yang tidak baik terhadap orang tua seperti, Berbohong kepada orang tua, Melawan kepada orang tua, Melakukan kekerasan kepada orang tua, dan bahkan jangan sampai Melakukan tindak pembunuhan kepada orang tua. Larangan ini terdapat dalam Al-Quran (QS. Al-Isra' : 23-24)

Tidak Patuh Pada Pengajar

Segeralah berubah dan jauhi perbuatan yang tidak baik terhadap orang tua seperti Berbohong kepada pengajar, Tidak mengerjakan tugas yang diberikan pengajar, dan bahkan jangan sampai Melakukan perkataan dan tindakan kasar kepada pengajar. Larangan sikap ini pernah disampaikan oleh Imam Syafi'i.

Bolos Sekolah/Kuliah

Segeralah berubah dan jauhi perbuatan yang tidak baik dalam menempuh pendidikan di sekolah/kuliah seperti bolos hanya karena ingin nongkrong bareng teman untuk bermain-main dan bertindak tak baik kepada orang lain, bahkan ada pula bolos hanya karena permintaan pacarnya. Larangan ini terdapat dalam Al-Qur'an (QS. Qasas : 77)

Berkelahi dan Kebut-kebutan

Segeralah berubah dan jauhi perbuatan yang tidak baik di masa muda seperti berkelahi dan kebutan antar kelompok atau antar sekolah/kampus hanya karena ingin dianggap keren, dianggap lebih hebat, bahkan ada pula yang sampai menjadi korban jiwa dari perbuatan tidak baik tersebut. Larangan ini terdapat dalam Al-Quran (QS. An-Nisa : 93)

Pergaulan Bebas

Segeralah berubah dan jauhi perbuatan yang tidak baik ketika bersama lawan jenis seperti berpegangan tangan, berpelukan, kissing, petting, intercourse, dan perbuatan tidak baik lainnya yang mana dapat mengakibatkan suatu ketidak baikan dalam hidup dan masa depan nantinya. Larangan ini terdapat dalam Al-Qur'an (QS. Al-Isra' : 32)

Minuman Keras, Judi, dan Narkoba

Segeralah berubah dan jauhi perbuatan minuman keras yang dapat memabukkan dan narkoba yang dapat merusak kesehatan, serta judi. Apalagi ketiga perbuatan tersebut dapat menimbulkan tindak kriminalitas lainnya terhadap diri sendiri juga orang lain. Larangan ini terdapat dalam Al-Qur'an (QS. Al-Maidah : 90)

Berpakaian Tidak Sopan

Segeralah berubah dan jauhi berpenampilan yang tidak baik seperti mengenakan pakaian ngepas (membentuk body) baik itu saat di lingkungan sekolah/kampus/publik, jangan mengenakan pakaian yang berbahan tipis (transparan), jangan mengenakan pakaian yang serba mini, jangan mengenakan rok yang memiliki belahan sehingga terlihat auratnya. Tujuannya agar melindungi diri dari pandangan tidak baik lawan jenis dan menghindari diri dari perbuatan pelecehan seksual. Larangan ini terdapat dalam Al-Qur'an (QS. Al-A'raf : 26 dan An-Nur : 31)




Comments