31 August 2024

TUJUAN AUDIT INDEPENDEN

 


Periksa Laporan Keuangan

Salah satu tujuan utama auditor independen adalah untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan untuk memastikan pembukuan keuangan akurat dan sesuai dengan undang-undang dan peraturan fiskal. Auditor independen memeriksa sistem akuntansi dan buku rekening perusahaan untuk akurasinya. Auditor juga membandingkan penilaian keuangan mereka dengan laporan keuangan perusahaan perusahaan. Auditor eksternal diizinkan untuk merilis hasil evaluasi mereka secara publik.


Buat Rekomendasi

Selama audit independen, auditor diberikan akses gratis ke semua laporan keuangan perusahaan. Karena itu, sebagian besar auditor menjadi sangat akrab dengan kebijakan akuntansi dan manajemen klien mereka. Ini memberi mereka gambaran yang lebih jelas tentang kemungkinan kelemahan keuangan perusahaan. Berdasarkan hal ini, auditor dapat menawarkan rekomendasi tentang bagaimana perusahaan dapat meningkatkan metode akuntansinya. 


Keterlibatan Pengesahan

Tujuan umum lainnya di balik proses audit independen adalah keterlibatan pengesahan, skenario di mana perusahaan mempekerjakan auditor untuk mengevaluasi laporan atau analisis sebelumnya yang dilakukan oleh perusahaan. Laporan auditor kemudian disajikan dalam bentuk laporan tertulis atau terkadang lisan. 


Tujuan Khusus

Perusahaan dapat mempekerjakan auditor independen untuk mencapai tujuan khusus. Misalnya, beberapa auditor independen berspesialisasi dalam manajemen risiko, di mana tujuan utama mereka adalah untuk menentukan keakuratan dokumen keuangan, sementara yang lain mengkhususkan diri dalam layanan jaminan, di mana tujuannya adalah untuk meninjau, mengonfirmasi, dan meningkatkan informasi yang sudah dimiliki dewan manajemen. Auditor dapat fokus pada masalah pajak atau akuntansi forensik. Perusahaan juga dapat mengontrak audit independen untuk menyelidiki kecurigaan penipuan atau penggelapan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung