30 August 2024

PERBEDAAN AKUNTANSI DAN AUDIT, SERTA RUANG LINGKUP AUDIT



Perbedaan Akuntansi dan Audit

Perbedaan antara Akuntansi dan Audit adalah sebagai berikut :

  1. Akuntansi terutama berkaitan dengan persiapan ringkasan dan analisis catatan yang disiapkan oleh pemegang buku, seorang akuntan harus menyiapkan neraca saldo dan kemudian laporan tahunan. Sedangkan Auditing berarti verifikasi entri buku dan rekening untuk mengetahui keakuratannya. Jadi tugas auditor adalah mencari tahu apakah laporan akhir menunjukkan gambaran yang benar dan wajar mengenai keadaan yang bersangkutan atau tidak dan untuk melaporkan temuannya kepada pemegang saham. 
  2. Akuntan adalah karyawan perusahaan dan auditor adalah orang luar yang independen.
  3. Sebagai karyawan suatu bisnis, seorang akuntan menarik laporan bulanannya  gaji reguler dari bisnis itu sendiri sementara auditor dibayar remunerasi yang disepakati antara dia dan kliennya
  4. Seorang akuntan tidak diharapkan memiliki pengetahuan tentang audit, tetapi bagi seorang auditor sangat penting untuk memiliki pengetahuan akuntansi yang menyeluruh.
  5. Seorang auditor dapat diganti dari tahun ke tahun tetapi seorang akuntan tidak, karena ia biasanya adalah karyawan tetap suatu bisnis.


Ruang Lingkup Audit :

  1. Melindungi kepentingan keuangan orang-orang yang tidak berada di bawah manajemen entitas, misalnya mitra atau pemegang saham.
  2. Bertindak sebagai pemeriksaan moral terhadap karyawan dari melakukan penipuan dan kesalahan.
  3. Bermanfaat dalam menetapkan kewajiban pajak, menegosiasikan pinjaman, dan menentukan pertimbangan pembelian untuk bisnis.
  4. Berguna untuk menyelesaikan perselisihan dagang baik mengenai bonus atau kenaikan kinerja atau tuntutan ganti rugi akibat kebakaran atau kecelakaan lainnya.
  5. Temukan area pemborosan dan kerugian yang terjadi akibat tidak adanya atau tidak memadainya pemeriksaan internal atau tindakan pengendalian internal.
  6. Laporan audit umumnya menyatakan fakta apakah pembukuan yang tepat dan catatan terkait telah disimpan dengan benar sehingga kekurangan atau kekurangan tersebut menjadi baik dalam hal ini.
  7. Sebagai fungsi penilaian, audit meninjau efektivitas keberadaan dan kelangsungan berbagai pengendalian dalam organisasi dan melaporkan kelemahan, kekurangan, dll., di dalamnya.
  8. Rekening yang telah diaudit sangat membantu dalam penyelesaian rekening pada saat penerimaan atau pembubaran atau kematian atau pensiunnya mitra.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung