PENGERTIAN DAN PENGGOLONGAN BIAYA TENAGA KERJA



A.      Pengertian Biaya Tenaga Kerja
Biaya tenaga kerja adalah pengorbanan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membayar penggunaan tenaga kerja. Biaya tenaga kerja dapat juga sebagai biaya untuk mengubah bahan baku menjadi produk.
B.       Penggolongan Biaya Tenaga Kerja
1.        Penggolongan menurut fungsi pokok dalam organisasi perusahaan
a.       Biaya tenaga kerja produksi
Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja bagian produksi yang meliputi gaji karyawan produksi, biaya tunjangan karyawan pabrik, upah lembur karyawan pabrik, upah mandor pabrik, gaji pempinan pabrik.
b.      Biaya tenaga kerja pemasaran
Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja bagian pemasaran yang meliputi gaji karyawan pemasaran, biaya tunjangan karyawan pemasaran, biaya komisi pemasaran, gaji pimpinan pemasaran.
c.       Biaya tenaga kerja administrasi dan umum
Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja bagian administrasi yang meliputi gaji karyawan bagian akuntansi, gaji bagian personalia, gaji bagian sekretariat, biaya tunjangan karyawan bagian akuntansi, biaya tunjangan karyawan bagian personalia, biaya tunjangan karyawan bagian sekretariat.

2.        Penggolongan menurut kegiatan departemen-departemen dalam perusahaan
a.       Biaya tenaga kerja yang terjadi di departemen produksi
Misalnya : departemen produksi suatu perusahaan kertas yang terdiri dari 3 departemen yaitu bagian pulp, bagian kertas dan bagian penyempurnaan.
b.      Biaya tenaga kerja yang terjadi di departemen non produksi
Misalnya tenaga kerja bagian akuntansi, biaya tenaga kerja bagian persenalia, dll. 

Penggolongan kegiatan tenaga kerja dalam kedua departemen ini dimaksudkan untuk     memudahkan pengendalian terhadap biaya tenaga kerja pada setiap departemen.

3.        Penggolongan menurut jenis pekerjaan
Dalam suatu departeman sebuah perusahaan, tenaga kerja dapat digolongkan berdasarkan jenis pekerjaannya yaitu gaji mandor, upah pengawas, gaji operator. Gaji masing-masing jenis pekerjaan berbeda satu sama lain.

4.        Penggolongan menurut hubungan dengan produk
Dalam hubungannya dengan produk yang dihasilkan, tenaga kerja dibagi menjadi 2 yaitu:
a.       Tenaga kerja langsung
Biaya tenaga kerja langsung adalah biaya tenaga kerja yang timbul dari pembuatan produksi yang langsung berhubungan dengan produk yang dihasilkan. Contoh : pada perusahaan kursi yang termasuk tenaga kerja langsung adalah gaji karyawan bagian pemotongan kayu, pengamplas, dll.

b.      Tenaga kerja tidak langsung
Biaya tenaga kerja tidak langsung adalah biaya tenaga kerja yang timbul dari pembuatan produksi namun karyawannya tidak langsung berhubungan dengan pembuatan produk tersebut. Contoh : pada perusahaan kursi yang termasuk tenaga kerja tidak langsung adalah gaji karyawan bagian kemanan pabrik, pengawas pabrik, dll. Biaya tenaga kerja tidak langsung ini dalam produksi masuk dalam kategori biaya overhead pabrik.

Comments

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung